Tuesday 24 March 2015

Berikut Beberapa Cara Menghemat Air Yang ( Tidak ) Tepat

Posted By: Denis - 01:41:00
kembali lagi masih di blog saya yang begitu sederhana dan tidak penting dan tidak menguntungkan bila di kunjungi ini. di artikel kali ini saya akan nulis tentang beberapa cara menghemat air dengan cara yang (kurang) tepat. baca artikel ini dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat singkatnya, lho jadi seperti teks proklamasi ya, ingat nggak, wah wah jangan bilang lupa sama teks proklamasi ini semua.

ya udah ingat dan kenang lagi teks dan makna dari proklamasinya, tapi yang akan kita bahas di artikel saya kali ini
bukan mengenai proklamasi atau pun hal hal yang berbau kebangsaan dan yang menyinggung di dalamnya.
artikel ini akan sedikit sampai banyaknya tentang lingkungan, ya mengingat semakin rusak dan tidak layaknya lingkungan yang kita tinggali dari hari ke hari ini. jadi ya kali ini saya ingin membahas cara bersahabat dengan lingkungan khususnya air, mengingat betapa pentingnya air dalam kehidupan manusia. para peneliti Mars pun mengutamakan adanya air di sana untuk dapat kita tinggal disana untuk masa mendatang (katanya).

tapi bukan hal itu juga yang saya bahas, mungkin memang membahas air, tetapi ini cara menghemat air dengan cara yang (kurang) tepat. Sebelumnya, baca dengan hati yang tenang dan pikiran tenang dan penuh bahagia. langsung saja menuju ke intinya

  • Jangan Mandi
cara ini sangat ampuh untuk menghemat air yang ada di bumi kita ini, andaikan saja satu orang mandi sehari 2 kali, dan dalam sekali mandi membutuhkan 30liter air, dan di sebuah kota terdapat 3000 penduduk, dan dalam sebulan ada 30 hari, penggunaan air selama sebulan sekitar 5.400.000 liter. bayangkan itu setiap bulannya dan hanya perkiraan kecil, bagaimana jika setahun, dua tahun, satu abad bahkan, mungkin air kita akan habis. jangan berfikir air tidak akan habis, jadilah orang yang dapat berfikir. jadi mulai hari ini lebih baik anda jangan mandi untuk menghemat air dibumi.

  • Jangan Mencuci
jangan mencuci apapun jenisnya itu, cara ini sangat efektif bahkan lebih efektif dari tidak mandi, karena setiap rumah dapat menghabiskan banyak air untuk setiap mencuci, dari pakaian sampai mecuci kereta mungkin. namun cara ini menjadi kurang efektif, karena jika kita tidak mencuci pakaian kita, berarti kita harus berganti pakaian dengan yang baru dan membuang pakaian bekas, dan itu akan meningkatkan kuantitas sampah di bumi.

  • Jangan Minum
dalam hal ini yang dimaksud adalah minum air mineral atau air putih biasa disebut, padahal warnanya bening dan bukan putih. manusia membutuhkan kira kira 2-2,5 liter air dalam sehari, yang akan digunakan entah untuk apa didalam tubuh kita, yang pasti 2/3 atau 60 - 70% tubuh manusia adalah mengandung air. coba bayangkan satu orang dalam setahun menghabiskan berapa liter air yang diminumnya jika mereka minum 2 liter perharinya, sudah sekitar 720 liter air itu hanya untuk satu orang dalam setahun, bagaimana dengan semua keluarga, dan bahkan manusia dibumi, coba saja hitung sendiri.

  • Jangan Masak
Apapun masakannya anda dilarang masak dem penghematan air di bumi yang semakin habis. semua jenis masakan dari seng ndeso sampai yang luar negeri pasti menggunakan air dalam proses memasaknya. maka itu harus tidak memasak.

  • Jangan Buang Air
mau BAB maupun BAK, sebaiknya jangan buang air, karena jika anda buang air pasti anda akan memerlukan air untuk membersihkan bekasnya, karena kita belajar hidup bersih, dan juga belajar hemat air, jadi mana yang anda pilih, itu terserah anda.


artikel ini bukan sebuah anjuran maupun sebuah hal bagus untuk diikuti, karena ini merupakan sebuah artikel ngawur. namun apa yang dapat kita petik dari sini, ya menghemat air tapi berhemat lah anda dengan cara yang baik dan benar, cara - cara diatas sangatlah tidak benar. dan mari kita bahas sedikit dari atas.

anda tidak mandi yang berarti anda akan kotor dan anda akan mudah terserang penyakit akibat bakteri yang menempel dalam tubuh anda berkembangbiak dengan lebih cepat. dan ini akan meningkatkan jumlah orang sakit setiap harinya diseluruh dunia, dan ini bukan cara yang baik untuk menghemat air.

tidak mencuci, sudah sangat jelas sekali, pakaian dicuci bertujuan untuk dapat membersihkan kotoran yang menempel dan agar dapat digunakan kembali. jika kita tidak mencuci maka pakaian hanya digunakan sekali pakai, dan dibuang yang akan meningkatkan jumlah sampah dunia, dan akan memperburuk alam. ini juga adalah bukan cara yang benar dalam menghemat air.

anda tidak minum, seperti yang dijelaskan sebelumnya diatas, tubuh kita sebagian besar merupakan air, lantas apa yang terjadi jika tubuh kita kekurangan cairan?, tanyakan saja pada dokter yang bersangkutan. yang pasti akan tidak sehat dan timbul penyakit. bukan juga cara untuk berhemat air.

anda tidak memasak yang berarti tidak ada makanan dan manusia akan mati kelaparan, dan jika hanya mengandalkan hasil hutan, apa anda tau kondisi hutan kita?, tanyakan saja seberapa memprihatinkannya hutan yang digunakan sebagai paru paru bumi. penebangan dan pembakaran hutan dimana mana.

jangan buang air, coba bayangkan apa yang terjadi jika metabolisme dalam tubuh anda tidak lancar. ya anda sudah dapat membayangkannya sendiri.

jika disatukandari atas sampai bawah, cara cara tersebut bukan lah untuk menghemat air, namun misi bunuh diri masal. lantas bagaimana cara menghemat air, saya rasa hampir semua orang tau cara menghemat air, tapi mengapa seakan tidak tahu cara menghemat, itu bukan saya yang menjawab, karena saya juga merasa bukan orang yang menghemat air. 

jika kita ingat kembali video imajiner 2070, bumi bukanlah sebuah warisan untuk anak cucu kita nanti, namun bumi adalah sebuah titipan dari anak cucu kita, yang dititipkan ke kita, agar mereka dapat menikmatinya nanti.

mari kita belajar menghemat air, gunakan lah air secukupnya mengingat betapa penting dan sangat dibutuhkannya air bagi kehidupan di bumi.

terimakasih telah menyimak
kurang lebihnya, dan apabila terdapat sesuatu yang menyinggung mohon dimaafkan
karena bukan bermaksud apa apa, hanya saja mengingatkan untuk menghemat air


image courtesy of www.gadis.co.id

About Denis

Menulis adalah mengabadikan sejarah.

0 comments:

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan hal yang membangun dan bukan komentar spam
2. Harap tidak memasang link aktif di komentar
3. Komentar bukan untuk media promosi
4. Terimakasih dan Mohon maaf atas kekurangan kami


Copyright © 2015 All Rights Reserved

Designed by Templatezy